Berbagai Manfaat Tanaman Pacar Air Banyak Orang Tidak Tahu

Tanaman pacar air atau dikenal juga dengan Kamantigue merupakan tanaman yang biasa ditemukan di pekarangan rumah penduduk setempat. Bunga ini berasal dari negara Asia Selatan dan Tenggara. Berbagai komponen dalam tanaman pacar air memiliki fungsi untuk meningkatkan kesehatan manusia, antara lain pelargonidin, malvidum, anthocyanin, kaemperol, quercetin, delphinidin, monoglikosin, cyanidin, kumarin, flavonoid, kuinon, saponin dan steroid.

Berikut ini adalah manfaat tanaman pacar air yaitu :

tanaman pacar air

Untuk Pengobatan Rematik

Rematik merupakan penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri akibat peradangan pada otot atau persendian, yang umum terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun. Penyakit ini dapat di obati dengan meminum inai secukupnya, di lumatkan, dan di oleskan pada bagian yang sakit. Bunga ini di katakan memiliki efek penyembuhan pada rematik. Selain itu, konsumsi sirsak juga akan bermanfaat, karena manfaat sirsak untuk asam urat dan rematik di dasarkan pada kandungan seratnya.

Pengobatan nyeri haid, aliran haid

Tanaman pacar air bisa mengobati rasa sakit pada saat haid. Caranya dengan mengambil beberapa akar dan 10g biji dalam air, lalu tambahkan kunyit putih dan rebus dengan 400ml air hingga menjadi 200ml. Selanjutnya, saring dan minum segelas air dalam sehari. Tanaman ini bahkan bisa meredakan nyeri saat haid.

Menghilangkan Leukositosis Leukemia

banyak terjadi pada wanita. pacar air di ketahui dapat menghilangkan keputihan, yang dapat di lakukan dengan cara mengambil 15-30 gram daun segar dari tanaman henna dan merebusnya dengan tiga gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Selanjutnya, saring dan minum airnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukanlah 2 kali sehari.

Saluran GI

Kanker saluran pencernaan dapat di lakukan dengan cara mengambil 15 gram biji bunga paku, kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Selanjutnya, saring dan minum airnya. Ini dilakukan 2 kali sehari.

Tanaman pacar air obati Tekanan darah tinggi

di duga bermanfaat sebagai obat bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) karena membantu memperlancar peredaran darah. Ini bisa di lakukan dengan mudah dengan mengambil 10 gram bunga inai dan menambahkan 10 gram daun seledri. Selanjutnya rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air, lalu saring airnya. Hasil filter mabuk. Untuk hasil terbaik, lakukan dua kali sehari. Selain itu, mengkonsumsi buah naga juga akan membantu. Manfaat buah naga untuk tekanan darah tinggi adalah menurunkan kadar kolesterol.