Tanaman gantung Penghias Rumah Bikin Rumah Sejuk

Saat memilih bonsai gantung, sesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi Anda. Jika perlu mendekorasi di dalam ruangan, pilihlah tanaman gantung yang dapat disimpan di tempat lembab dan tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Untuk dekorasi luar ruangan, koleksi tanaman hias yang mentolerir sinar matahari langsung.

Jenis bonsai gantung yang bisa menambah keindahan dan keindahan rumah tidak lain adalah tanaman rambat. Jenis tanaman rambat gantung ini bisa termasuk tanaman berbunga atau hanya daun. Bisa juga dicampur dan ditata rapi dengan hiasan daun dan bunga.

Namun, karena tanaman rambat ini dapat tumbuh dengan cepat dan lebat, Anda perlu memberikan perhatian ekstra untuk perawatannya. Apalagi jika Anda meletakkan tanaman di dalam ruangan, selain mengatur jumlah cahaya, pastikan untuk memangkas atau memangkasnya dengan benar.

Apakah Anda ingin mendekorasi taman, halaman belakang, pekarangan, setiap sudut rumah Anda dengan tanaman rambat gantung dekoratif?sepuluh rekomendasi yang dihimpun kami dari berbagai sumber, Kamis (2/4).

tanaman gantunga

Beberapa Tanaman gantung yang saya Rangkum untuk kalian

1.Bunga kertas.

Bunga kertas atau confetti adalah bunga hias yang populer. Bunga kertas sering disebut tanaman kertas karena memiliki bunga setipis kertas. Bugenvil kecil bisa di tanam sebagai tanaman hias di dalam pot. Namun karena tanaman gantung ini membutuhkan sinar matahari langsung, Anda bisa menggantungnya di luar.

2. Mandevilla.

Mandevilla adalah tanaman hias dengan bunga berwarna merah muda, merah atau putih. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh, tetapi membutuhkan naungan sore di musim panas. Mandevilla cocok untuk di gantung di luar rumah sebagai dekorasi luar ruangan. Nikmati keindahan mandevilla yang mekar setiap tahun.

3. Bintang Melati.

Bonsai selanjutnya adalah melati bintang. Tanaman ini terlihat sangat lembut, memiliki bunga berwarna putih krem, harum lembut dan sangat manis. Karena tanaman ini menyukai sinar matahari penuh, melati bintang akan terlihat spektakuler di pagar, serta teralis atau dinding. Tapi melati juga akan terlihat luar biasa saat tanaman rambatnya tumpah ke tepi taman.

4. Pohon lembing.

Jika Anda sedang mencari bonsai gantung untuk mempercantik dinding atau pagar Anda, melati bisa menjadi pilihan yang tepat. tanaman gantung merambat Clematis menawarkan bunga-bunga indah dalam berbagai warna. Kesan hidup akan muncul dari luar, membuat desain rumah tidak lagi membosankan.

5 dolar.

Pohon dolar juga di kenal sebagai ficus pumila. Tanaman rambat jenis ini sering di gunakan sebagai pagar atau hiasan dinding. Kesan segar bisa Anda dapatkan dari tanaman ini karena pohon dolar memiliki warna hijau cerah.

Sedangkan tampilan daunnya yang mengkilat memberikan kesan segar. Tidak jarang sebagian orang memilih pohon dolar sebagai hiasan dinding atau pagar. Pasalnya, pohon dolar memiliki akar yang melekat kuat pada tanaman rambat.

6.Leo Charlie.

Creeping charlie memiliki daun seperti mint. Tanaman hias ini di kenal sebagai tanaman yang mudah tumbuh. Dalam beberapa bulan, daun akan menyebar dan mulai terlihat lebat. Menggantung tanaman rambat charlie di dekat dinding, Anda dapat melihatnya tumbuh dan menghiasi ruang vertikal rumah.

7. Bahasa Inggris ivy.

English Ivy adalah tanaman yang cocok untuk pagar. Hal ini di karenakan tanaman gantung ini dapat berkembang biak dengan indah dan sangat mudah tumbuh serta beradaptasi. Tidak di perlukan perawatan khusus untuk memelihara ivy Inggris. Tanaman ini juga dapat menyerap udara kotor. Rumah terlindung dari udara kotor mulai dari luar.

8. Mata hitam Susan Vine.

Tanaman selanjutnya yang bisa di gantung adalah tanaman merambat bermata hitam. Pohon anggur Susan bermata hitam atau thunbergia alata memiliki pusat bunga berwarna hitam. Kelopaknya memiliki beberapa variasi warna yang indah, dari merah, putih hingga kuning. Tak hanya asyik di gantung di dinding, bonsai ini juga cocok dipasang di pagar.

9. Scindapsus pictus atau buah pinang bergaris.

Scindapsus pictus atau pinang belang sering di gunakan untuk mempercantik ruangan. Tanaman merambat ini berwarna hijau tua dan ramping dengan garis-garis perak. Pemandangan yang terkulai atau menyebar ke setiap sisi ruangan terlihat semakin indah.

Oleh karena itu, bonsai jenis ini cocok untuk digantung di dinding rumah. Untuk lokasinya, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada cahaya terang, dan perlu disiram setiap minggu.

10. Sirih gading.

Pohon anggur dengan nama latin Epipremnum aureum ini adalah salah satu yang lebih populer. Tanaman ini cocok untuk tanaman gantung hias, penghias ruangan kosong, karena memiliki batang panjat yang sangat indah. Banyak orang menyukai buah pinang karena mudah dirawat dan berumur panjang, artinya tidak mudah mati.

Tentu saja kamu harus merawatnya, dong. Tanaman hias gantung yang dibiarkan tidak terawat tidak akan terlihat bagus karena layu atau kering.

Padahal, menggantung bonsai cenderung lebih mudah. Tanaman gantung juga tidak jauh berbeda perawatannya dengan bonsai outdoor.

Hanya saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan secara ekstra agar tanaman awet dan tidak cepat layu.

Tips Merawat Bonsai Gantung

Silahkan simak beberapa hal berikut ini yang harus Anda perhatikan saat memasang bonsai gantung di dalam rumah.

1. Kenali tanaman

Pada dasarnya, sebagian besar tanaman dapat dijadikan sebagai tanaman gantung. Namun Anda perlu mengetahui tanaman apa yang Anda gunakan agar tidak salah merawatnya.

Kenali tanaman Anda untuk mengetahui perawatan apa yang dibutuhkan tanaman Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan tanaman rambat seperti ivy pinang, tentu kebutuhan airnya akan berbeda dengan kebutuhan air petunia.

2. Tentukan jenis pot yang tepat

Ada banyak jenis pot yang dijual khusus untuk menanam tanaman gantung, mulai dari pot plastik hingga pot tanah liat. Tergantung pada tanaman Anda, pastikan pot yang Anda gunakan sesuai.

Jika menggunakan tanaman hias seperti tanaman pot yang membutuhkan kelembapan, Anda membutuhkan pot tanah liat karena pot tanah liat lebih lama menahan kelembapan dibandingkan pot plastik.

3. Pemilihan

tali gantung yang tepat Tali gantung untuk tanaman hias gantung banyak dijual di pasar dan toko bunga. Pilih tali yang kokoh untuk menopang berat tanaman dan pot.

Cobalah untuk tidak menggunakan kawat baja. Selain terlihat tidak sedap dipandang, kawat baja cenderung tidak dapat menahan pot dengan erat.

4. Cuci tanaman seperlunya

Tanaman gantung agak susah disiram karena mau tidak mau akan bocor setelah disiram.

Untuk mengatasi masalah ini, pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, seperti tanaman laba-laba.

Semprotkan kalengnyaalih -alih selang untuk menyiram dekorasi gantung Anda agar tidak menetes.

5. Pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup

Meski Anda memilih tanaman gantung yang membutuhkan sinar matahari lebih sedikit, Anda tetap perlu memastikan tanaman tetap mendapat cahaya.

Karena tanaman gantung biasanya tidak membutuhkan cahaya sebanyak tanaman hias pada umumnya, cukup pindahkan ke luar setiap dua minggu sekali.

Tujuannya agar tanaman Anda tetap mendapatkan nutrisi alami yang hanya bisa didapat dari sinar matahari.

6. Menjaga Kelembapan Tanaman

Meski banyak tanaman hias dinding yang tidak membutuhkan udara lembap, namun Anda tidak selalu bisa menyimpannya di ruangan yang kering, apalagi jika Anda menyimpannya di ruangan ber-AC.

Jika Anda memilih tanaman yang membutuhkan banyak kelembapan, cukup tempatkan pot gantung yang saling berdekatan untuk menjaga kelembapan.

Cara lainnya, pindahkan hiasan gantung yang membutuhkan kelembapan ke dalam ruangan yang selalu lembap. Misalnya, letakkan tanaman di kamar mandi, bukan di kamar tidur.

7. Pemupukan untuk nutrisi tambahan

Setelah memastikan tanaman memiliki sumber nutrisi alami dari sinar matahari dan air, Anda pun melanjutkan pemupukan.

Sekalipun Anda seorang pemelihara, Anda tetap membutuhkan pupuk untuk merangsang dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Pupuk terbaik untuk bonsai gantung adalah yang berasal dari kotoran hewan. Namun jika tidak ingin bau dan amis, Anda bisa memilih pupuk NPK.

8. Pangkas pohon secara teratur agar tetap rapi

tanaman gantung hias gantung seperti pinang terlalu tinggi dan lebat sehingga tidak sedap dipandang. Sebagai solusinya, pangkaslah pohon tersebut secara rutin.

Tetapi pastikan bagian pohon yang Anda tebang adalah bagian yang dapat Anda kendalikan. Contoh: ranting, batang dan daun.

Anda juga harus memangkas pohon yang terserang hama agar tidak menyebar ke bagian pohon lainnya.

9.Mengganti substrat

Rajin mengganti substrat Karena kondisi media Anda dapat berubah dari waktu ke waktu, Anda harus mengganti media secara teratur agar tanaman tetap mendapat nutrisi.

Pastikan media pot Anda organik dan dapat menyimpan air. Campurkan pasir, tanah dan pupuk dengan perbandingan 1:1:1 untuk mendapatkan campuran terbaik bagi tanaman.

Berikut sembilan langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin merawat bonsai tanaman gantung agar awet. Jika Anda mengikuti langkah demi langkah, dijamin pohon Anda akan tumbuh subur dan panjang.