Tanaman Bunga Hias Yang Merambat Rimbun Indah

Parents, taman depan atau belakang masih sederhana? Hmmm saatnya menambahkan tanaman bunga rambat dekoratif! Cocok sebagai dekorasi alami untuk rumah Anda, halaman rumah akan terlihat lebih indah dan menyenangkan!

Ada banyak pilihan jenis dan ragam tanaman rambat, baik tanaman rambat di dinding maupun atap pergola yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan desain rumah Anda. Selain itu, ada tanaman rambat yang hanya terdiri dari daun bahkan bunga.

Perlu di perhatikan bahwa tanaman rambat merupakan jenis tanaman yang membutuhkan perhatian ekstra. Untuk estetika, perhatikan tempat terbaik untuk menanamnya agar selalu terlihat bagus.

Selain itu, tanaman hias yang satu ini perlu di lakukan pemangkasan secara rutin. Oleh karena itu, pangkaslah tanaman ini jika Anda merasa terlalu lebat dan menyebar keluar dari zona tanaman merambat. Hindari dahan utama, potong dahan kecil di bagian samping agar tunas baru terus tumbuh.

Lantas, tanaman rambat apa saja yang cocok untuk mendekorasi rumah? Berikut daftarnya!

Tanaman Bunga

9 Pilihan Dekorasi Tanaman Bunga Merambat

1.Tanaman Bunga Morning Glory

Dengan banyaknya varietas dan variasi warna bunga yang cantik, morning glory pilihan bagi Anda yang ingin mempercantik vertical garden di rumah Anda. Populer di kalangan pecinta tanaman hias, morning glory juga cocok untuk menyejukkan kanopi sekaligus memberikan kesan segar dan asri.

Seperti namanya, tanaman ini sangat unik karena hanya mekar di pagi hari, tumbuh cepat Anda akan dimanjakan dengan indahnya bunga berwarna biru. Di tambah lagi, morning glory mampu menjaga kelembapan dinding rumah dan melindunginya dari hujan dan terik matahari.

Anehnya, tanaman ini bisa hidup di lahan kering, bahkan di pinggir jalan. Untuk merawatnya, Anda hanya perlu melakukan pemupukan setiap 2-2,5 bulan sekali dan penyiraman seminggu sekali.

Fakta unik lainnya, morning glory berubah menjadi ungu saat di tanam di area yang terpapar sinar matahari yang intens. Jika di letakkan di tempat yang minim sinar matahari, warna bunganya akan biru.

2. Bougainvillea

Sangat mudah di temukan di Indonesia, tanaman bugenvil atau bunga kertas bahkan bisa terus tumbuh tanpa di siram setiap hari. Seperti namanya, bougenville memiliki bunga setipis lembaran kertas.

Selain itu, Bougenville juga memiliki tanaman hias tahan panas yang mudah dirawat dan cocok diletakkan di pagar. Meski cantik, orang tua hati karena batang bugenvil berduri sehingga bisa melukai tangan. Jadi beri tahu si kecil untuk tidak menyentuh bagasi.

3. Tanaman Bunga Air

Mata Pengantin Selanjutnya ada air mata pengantin yang bisa Anda pertimbangkan untuk mempercantik rumah Anda. Berbeda dengan namanya, tanaman ini memiliki varian warna bunga yang menarik, yaitu pink dan putih.

Tanaman hias ini sangat cocok di letakkan di dinding rumah, dan dapat menolak perubahan iklim yang dapat melemahkan dinding. Tak perlu khawatir, marigold merupakan tanaman merambat yang tumbuh rapat sehingga tidak menyerap air saat musim hujan karena terlindung oleh daun.

4. Mandevilla, Tanaman bunga Merambat yang Indah Para ibu

menyukai tanaman merambat dan bunga yang cantik, jadi pilih saja mandevilla! Warna bunga yang indah seperti putih, merah dan pink memastikan Anda jatuh cinta setiap hari.

Jangan khawatir, mandevilla tergolong tanaman rambat yang tidak merusak dinding. Tidak hanya warna bunganya yang cantik, mandevilla juga mengeluarkan aroma yang harum sehingga cocok untuk membuat rumah semakin nyaman dan sejuk.

5. Sirih merah

Selain sebagai tanaman merambat, sirih merah juga sering di gunakan sebagai obat herbal lho. Orang tua bisa meletakkannya di dinding atau pagar agar menyebar dengan baik. Rumah akan terasa sejuk dengan perpaduan warna hijau tua dan kemerahan yang terpancar dari sirih merah.

bagi para orang tua tertarik untuk membudidayakan sirih merah ini. Hal ini dikarenakan akar sirih merah tidak melekat kuat pada media tanam sehingga di perlukan penyangga yang mumpuni.

6. Common Ivy

Common Ivy juga bisa dijadikan referensi tanaman hias yang akan tumbuh merambat indah di dinding rumah. Meski begitu, tanaman ini tidak akan merusak dinding rumah. Di kalangan pecinta tanaman hias, ivy sangat dicari karena keindahan dan kesegaran daunnya yang hijau nan indah.

7. Tanaman Dollar

tanaman Bunga dollar Dengan nama ilmiah Ficus pumila, tanaman dollar dengan warna hijau cerahnya pasti akan menyegarkan mata penghuni rumah. Selain itu liana tunggal ini akan memberikan kesan sejuk dan menyegarkan karena tumbuh sangat subur sepanjang tahun.

Tanaman dolar memiliki akar yang mencengkeram kuat media perbanyakannya. Tak heran jika banyak yang memilih tanaman ini untuk menghiasi dinding atau pagar rumah. Media vertikal bertekstur kasar juga cocok untuk media rambat terbaik. Perawatannya juga cukup mudah, tinggal dipotong jika sulur tanaman ini terlalu banyak.

8. Sirih Gading

Salah satu tanaman rambat hias yang dapat memperindah rumah Anda adalah sirih gading. Disebut juga pothos, tanaman ini merupakan tanaman hias populer yang mudah dirawat dan cepat tumbuh subur. Bisa berpegangan pada dinding, dengan tangga, juga pada batang pohon. Bahkan sirih gading ini juga tumbuh di air, bisa melengkapi dekorasi rumah di dalam maupun di luar rumah.

9. Arumdalu, Tanaman bunga hias rambat untuk mempercantik rumah

Tanaman hias arumdalu berasal dari bahasa Jawa yaitu arum artinya harum dan ndalu artinya malam. Seperti namanya, tanaman rambat ini memiliki aroma yang sangat kuat, terutama di malam hari.

Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok untuk para orang tua yang ingin beristirahat ditemani wangi bunga yang menggoda. Jika dirawat dengan baik, tingginya bisa mencapai 4 meter, lho!

10. Alamanda

 

Tanaman berbunga alamanda juga harus menjadi tumbuhan merambat hias yang tidak boleh dianggap remeh. Berbentuk terompet dengan variasi warna yang cantik membuat sangat menyenangkan Parents untuk menghiasi

Sebagai catatan, tumbuhan merambat yang bernama ilmiah Allamanda cathartica ini cocok sebagai tanaman pagar hijau dengan media tanam yang kuat. Selain itu, tanaman berbunga ini membutuhkan perawatan ekstra sepanjang tahun. Yaitu dengan memangkasnya dan memastikan tidak ada daun-daun berguguran yang tersangkut di daun tebal dan mulai membusuk.

11. Tanaman Merambat Populer, Lee Kuan Yew

Ingin pekarangan Anda terasa lebih rindang dan hijau? Jika iya, coba pilih tanaman hias yang dikenal dengan nama Lee Kuan Yew, yang juga dikenal sebagai pendiri negara Singapura.

Tanaman hijau yang tumbuh merambat ini cocok jika menghiasi taman vertikal Anda. Dengan batang yang dapat tumbuh hingga setinggi 3 meter, tanaman hias merambat ini memberikan kesan rindang, namun tetap tertata rapi asalkan dilakukan perawatan rutin, meski hanya fungsional.

Menanam tanaman Lee Kwan Yew juga cukup mudah, tanaman rambat ini tidak begitu bergantung pada suhu dan kelembapan serta hanya membutuhkan tanah yang mudah menyerap air. Meski begitu, tanaman Lee Kwan Yew membutuhkan paparan sinar matahari penuh.

12. Ekor Naga

Pohon rambat lain yang bisa dipilih untuk membuat rumah lebih rindang dan indah adalah ekor naga atau

epipremnum pitanum. Tanaman hias ini memiliki ciri khas pada bentuk daunnya yang lebar dan panjang serta ‘sobek’. Inilah mengapa kebun anggur ini sangat diminati.

Selain bisa tumbuh di luar ruangan, Monster Ekor Naga juga hidup di dalam ruangan. Tanaman hias monstera ekor naga dapat mempercantik interior ruangan, menyejukkan ruangan dan meningkatkan produktivitas.

***

Ini . adalah berbagai tanaman bunga merambat dekoratif yang dapat Anda pertimbangkan untuk membuat rumah Anda lebih indah dan teduh. Apakah Anda sudah tahu mana yang harus dipilih?