Bonsai Tanaman Liar Supaya Hasilnya Bagus

Pohon yang pada umumnya Bonsai Tanaman Liar di latih menjadi bonsai, apalagi setelah bertahun-tahun, dapat menutupi jati diri pohon yang sebenarnya. Ini karena banyak faktor yang di alami pohon selama latihan, dan ini membuat tampilan akhirnya menjadi goyah.

Sebagian besar pohon yang dilatih menjadi bonsai adalah pohon yang berumur panjang dan memiliki ciri-ciri tertentu seperti tahan terhadap gangguan seperti overcutting, bending dan toleran terhadap berbagai jenis tanah.

Ada banyak pohon dengan ciri-ciri tersebut di Indonesia, mulai dari pohon yang tumbuh di kebun, savana, pesisir, hingga hutan liar. Namun, ada juga yang menggunakan pohon yang banyak tumbuh di sekitar kita lho… Pohon apa itu?

Yuk intip deretan master Bonsai Tanaman Liar lengkap dengan nama-nama pohonnya di bawah ini.

bonsai tanaman liar

Waru (Hibiscus tiliaceus)

Percayakah anda jika bonsai ini merupakan pohon waru yang sering tumbuh di tepi pantai, sungai, rawa atau lahan basah di Indonesia? Yup… Ini memang pohon kembang sepatu!pameran bonsai 2009 Pertunjukan Hwa Fong , di miliki oleh Mr. Su Wen Hong.

Tidak hanya satu, Pak. Su Wen-Hong juga memiliki pohon kembang sepatu lain yang mendapat penghargaan khusus pada Pertunjukan Hwa Fong 2010 . Begini tampilannya:

Saya tidak tahu bagaimana membentuknya sehingga cabang-cabangnya sangat kaku. Saya juga berpikir bagaimana tuan akan merawat cabang-cabang yang lebat untuk menjaga bentuk dan ukurannya. Hmmm…

Bonsai Tanaman Liar Gardenia (Gardenia jasminoides)

Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui pohon bernama gardenia? Jika belum, apakah Anda mungkin mengenal Gardenia atau Cape jasmine? Yah… Itu pohon yang sama hehe. Pohon Gardenia di berbagai daerah di Indonesia di sebut dengan nama lokal yaitu Kacapiring.

Bonsai yang mendapat penghargaan khusus di Hwa Fong Show 2015 adalah pohon Kacapiring yang ditanam oleh Pak. Li Man Nan.

Hokianti (Carmona retusa)

Pohon ini sering di sebut Hokianti di Indonesia (kadang di sebut tanaman liar/gulma). Di luar negeri namanya Fukien Tea atau Ehretia microphylla.

Di negara kita Indonesia, pohon hoki tumbuh liar di berbagai tempat, saking liarnya bahkan bisa tumbuh di pinggir pagar atau pekarangan.

Pohon yang merupakan rumput liar di berbagai negara tropis ini rupanya jika di rawat dan di latih bisa menjadi bonsai yang sangat indah lho . Contohnya bonsai di atas, yang di pamerkan di US National Arboretum (Museum Bonsai AS) dan dil atih menjadi bonsai sejak tahun 1916.

Jambu Biji (Psidium guajava)

Jambu biji atau jambu bukan merupakan pohon liar, namun dapat tumbuh liar karena bijinya dibuang oleh manusia atau di jatuhkan oleh hewan pemakan buah. Umumnya, pohon jambu liar dapat ditemukan di kebun kering dan persawahan.

Ternyata… Bonsai siluet (tanpa daun) yang di pamerkan di Taiwan Bonsai Creators Exhibition 2010 adalah pohon jambu biji lho.

Jika diperhatikan, rimbun dahan dan dahan yang membentuk siluet benar-benar unik dan berbeda dengan pohon jambu pada umumnya.

Kemuning (Murraya paniculata)

Siapa yang tidak tahu bunga yang wanginya semerbak ini. Nama kekuningan! Pohon berbunga yang umum di daratan nusantara ini juga bisa di sulap menjadi bonsai eksotis dalam pot datar.

Bonsai di atas adalah pohon kuning, dibudidayakan dan dilatih bonsai sejak tahun 1800-an, dan sekarang di Kebun Raya Montréal. Pohon tersebut terlihat sangat tua, terlihat dari batang utamanya yang sangat besar dan keropos.

Sayangnya, foto yang di ambil oleh pengguna Flickr Lloyd Gross ini tidak mekar atau berbuah.

Bonsai Tanaman Liar Delima (Punica granatum) Anda

pasti tahu pohon yang satu ini kan? Ya… itu adalah pohon Delima, atau dalam bahasa Inggris menjadi Delima. Salah satu pohon penghasil buah yang berkhasiat obat dan di campurkan dalam rujak tradisional atau rujak 7 bulan.

Delima adalah pohon yang berharga, dan bukan pohon liar seperti lima pohon di atas. Namun, jika Anda menginginkan pohon delima, Anda bisa membelinya di kios tanaman hias.

Bonsai delima yang cantik di atas telah di budidayakan sejak tahun 1960-an dan kini di tanam di Longwood Gardens, Kennett Square, PA.

Camellia (Camellia) Camellia

merupakan tanaman berbunga yang banyak di tanam sebagai tanaman pagar oleh masyarakat Indonesia pada zaman dahulu. Dahulu, pohon kamelia sangat mudah di temui di hampir setiap rumah masyarakat di pinggiran kota, namun seiring berjalannya waktu, perlahan pohon ini mulai jarang ditemukan sebagai pohon pagar atau semak di taman.

Camellia kini menjadi tanaman hias komersial yang laris manis. Namun, untuk menjadikannya bonsai yang proporsional, butuh waktu puluhan tahun untuk mencapai batang pohon kamelia seukuran lengan.

Di tangan seorang seniman bonsai, pohon kamelia bisa di sulap menjadi pohon kerdil yang mekar indah dan cantik seperti bonsai di atas yang merupakan bagian dari koleksi US National Arboretum.

Chloropetalum (Loropetalum chinense)

Loropetalum atau dalam bahasa Inggris menjadi bahasa Cina dan Strapblom adalah tanaman berdaun merah (ada juga yang berwarna putih, kuning dan keunguan) yang sedang populer. belakangan ini di Indonesia. Di Indonesia pohon ini sering di sebut sebagai Serut Merah atau Pitaloka.

Pohonnya sendiri berasal dari China, Jepang dan berbagai daerah di Asia Tenggara. Loropetalum dapat hidup di cuaca dingin maupun panas. Ini termasuk tanaman yang mudah di pelihara karena toleran terhadap berbagai jenis tanah dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Selain di tanam sebagai tanaman hias, loropetalum juga menjadi salah satu alternatif pembuatan

Bonsai Tanaman Liar anting putri

bonsai Tidak seperti kebanyakan tumbuhan liar pada umumnya, persebaran atau habitatnya di Indonesia sangat terbatas. Anting-anting putri dapat tumbuh menjadi pohon berukuran sedang yang berbunga putih, berbentuk bintang, dan terkulai.

Tak hanya populer sebagai tanaman hias di Asia Tenggara, para pecinta tanaman di negara 4 musim ini juga bekerja keras untuk menanam dan memelihara pohon Putri Putri karena keindahan bunganya saat mekar.

Ini juga salah satu pohon favorit untuk di latih bonsai di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bonsai anting putri pada foto di atas adalah bonsai yang di tampilkan di Epcot International Flower & Garden Festival 2016 lalu. Nampaknya pohon dan pot memiliki keharmonisan yang membuatnya terlihat mempesona.

Santigi (Pemphis acidula)

Pernah dengar kayu Stigi? Nah… Ini adalah kayu yang di hasilkan oleh pohon ini. Pohon santigi hanya tumbuh liar di pesisir nusantara (endemik), terutama di tanah berpasir atau di bebatuan karang.

Pohon itu sendiri tumbuh lambat dan toleran terhadap air asin. Itu juga termasuk sebagai salah satu pohon terbaik untuk di latih bonsai. Banyak bonsai terkenal yang menggunakan pohon santigi.

Bonsai yang terlihat berumur ratusan tahun pada foto di atas adalah bonsai milik Susan Lee dan dilatih oleh Nabe Millares.